Sulbar Masuki Usia 16 Tahun, Anwar Berharap Program Pemerintah Daerah Menghadirkan Perubahan

0
80

SULBARTERKINI.ID, Mamuju – Mantan gubernur Sulbar 2 periode, Anwar Adnan Saleh mengatakan pembangunan merupakan salah satu harapan rakyat begitu pun dengan hal yang lain.

Anwar menuturkan, 16 tahun Sulbar berdiri, bisa menjadi sebuah cerminan penilaian atau evaluasi dalam memacu gerakan pembangunan. Ia berharap apa yang di miliki Sulbar dapat di jaga dengan baik.

“Tidak pada tempatnya saya melakukan evaluasi itu, karena era kepemimpinan saya telah usai. Tapi harapan saya sebagai pejuang pembentukan Sulawesi Barat, sekaligus peletak mahzab pembangunan, saya membangun Sulbar dari kilometer nol, dari ada menjadi ada,”ungkap Anwar Adnan Saleh, saat membuka diskusi di Stasiun RRI Mamuju, Selasa (22/09/20).

Anwar menggarisbawahi program pemeritah daerah dapat terus berlanjut dan banyak mengalami perubahan.

“Tujuan kita membentuk Sulawesi barat ialah menghadirkan perubahan secara menyeluruh, baik pembangunannya, pendidikan rakyatnya dan lainnya. Jika ini tidak berjalan maka kami selaku pejuang baik yang masih hidup maupun yang telah tiada pasti akan kecewa,” lanjut pria yang akrab disapa AAS itu.

Anwar mengaku, selama kepemimpinannya ada tantangan yang cukip nerat, bahkan juga kepemimpinan saat ini. Rentan waktu selama 2 periode itu, kendalanya tak lain salah satunya APBD cukup minim.

Ia berharap, Sulbar bergerak tidak stagnan, karena jika demikian justru akan mencederai para pejuang pembentukan Sulbar.

“10 tahun kita jalani dan Alhamdulillah kendala yang kami rasakan kala itu bisa teratasi, pembangunan dapat kita letakkan sehingga gubernur pengganti saya tidak lagi merasakan kesulitan yang dulu saya alami waktu awal-awal menjabat,”sebutnya.

Terkait isu pandemi yang tak henti-hentinya, dan sejumlah persoalan diantaranya pendidikan, infrastruktur adalah sebuah hal yang subtansial

“Saya tidak pernah meninggalkan Sulbar, istri saya kini wakil gubernur kenapa tidak dimanfaatkan ? Saya ada dibelakangnya untuk dapat membantu dan berbuat agar bagaimana daerah ini dapat berkembang maju tidak stagnan,”ungkapnya.

“Presiden Joko Widodo waktu kampanyenya di Mamuju beberapa waktu yang lalu berkata jika ia kembali menjadi presiden dan menang di Sulbar, maka semua program yang belum dikerjakan oleh saya selaku gubernur sebelumnya akan dituntaskan, termasuk jalan arteri di Mamuju maupun jalan poros kabupaten Mamuju- Mamasa- toraja tapi hal itu semua tidak di Follow up,”pungkasnya

Anwar menitip pesan bagi Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar disisa masa jabatannya. Termasuk Covid-19, perlu ada terobosan mengerem laju peningkatan pandemi.

“Yang harus diingat bahwa sisa satu tahun lebih usia pemerintahan ini, dan pada saatnya akan ada pergantian kepemimpinan. Ini yang perlu di evaluasi, apakah masih ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjawab keluhan dan permasalahan-permasalahan ditengah masyarakat,”kata Anwar

“Sebab ini berkaitan dengan ekonomi, berkaitan dengan pemerintahan, dan berkaitan dengan pembangunan kedepan. Ini perlu menjadi evaluasi di HUT 16th Sulbar,”jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here