Amalia: Ekspor 8 Ribu Ton Cangkang Kelapa Sawit ke Thailand Patut Diapresiasi

0
16

SULBARTERKINI.ID, Mamuju — Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulawesi Barat yang telah melakukan ekspor 8 ribu ton cangkang sawit ke Thailand.

“Kita patut menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulbar yang telah berhasil melakukan ekspor cangkang sawit ke Thailand,” kata Anggota Komisi II DPRD Sulawesi Barat, Hj. Amalia Fitri Aras kepada wartawan, Selasa (28/7/2020).

Menurut Politisi cantik asal Dapil Mamuju Tengah itu, potensi cangkang sawit asal di Sulbar memang besar. Sehingga, kedepan diperlukan sinergisitas berbagai pihak agar kinerja ekspornya dapat terus dipacu.

“Harus dipacu. Maka yang dibutuhkan kedepan adalah sinerjitas. Saya rasa, dengan sinerji yang baik maka ini akan semakin meningkatkan ekspor cangkang sawit kita di Sulbar,” ucap Amalia.

Selain itu, tambah Politisi Partai Demokrat ini, Pemprov Sulbar harus berupaya aktif mempromosikan dan mengkampanyekan aneka produk turunan dan samping kelapa sawit ke berbagai negara.

Sebab, lanjut Amalia, saat ini banyak negara tengah menggalakkan penggunaan sumber energi terbarukan, termasuk energi biomassa asal cangkang sawit, sehingga lambat laun cangkang sawit tersebut diprediksi semakin diminati di berbagai negara.

“Dan saya optimis kalau promosinya terprogres dengan baik dan maksimal, maka Sulbar ini akan menjadi contoh. Sulbar bisa mengalahkan Kalimantan dan Sumatera. Tetapi ini butuh konsitensi pemerintah,” tegasnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya pelelepasan ekspor perdana cangkang sawit dilakukan langsung Gubernur Sulbar didampingi Kepala Badan Karantina Pertanian RI, Ali Jamil yang mewakili Menteri Pertanian RI dan Kepala UPP Kelas III Belang -belang Kabupaten Mamuju, Kapten Cristina Anthon, Senin (27/7/2020) kemarin.

“Ekspor kali ini sudah yang ketiga kali, di awali ke Jepang sebanyak dua kali dan sekarang ke pertamakali ke Thailand. Kita berharap ekonomi masyarakat Sulbar dapat semakin maju dan malaqbiq,” ujar Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar. (Adv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here