Amaliah Aras Ingatkan Pemprov Sulbar Perhatikan Proyek Strategis Nasional di Musrenbang Regional

0
40

SULBARTERKINI.ID, Mamuju — Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk tingkat Regional Sulawesi, bakal berlangsung di Hotel Claro, Sulawesi Tenggara (Sultra) , Senin 19 April 2021 mendatang.

Olehnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Barat mengingatkan Pemprov, agar dalam memaparkan program dan usulan pembangunan kedepan harus hal-hal yang prioritas.

“Senin Lusa itu kan akan ada Musrenbang Regional Sulawesi di Kendari. Kita tentu mengingatkan Pemprov Sulbar agar usulan prioritas diperhatikan. Karena yang prioritas inilah yang diharapkan dapat diakomodir, disinergikan dan diharmonisasikan dengan program nasional maupun regional Sulawesi,” ujar Anggota DPRD Sulbar, Hj. Amalia Fitri Aras, Jumat (16/4/2021).

Adapun usulan program proiritas Sulbar yang dimaksud, yaitu pertama, peningkatan status jalan nasional ruas Salubatu- Bonehau-Kalumpang-Batas Sulsel (Luwu Utara) sepanjang 108,71 km. Pembangunan jalan ini merupakan janji politik Presiden RI saat berkunjung ke Sulbar.

Kedua, sebut Amaliah, peningkatan jalan ruas Mamasa ke Tabang hingga peebatasan ke Toraja, Sulsel. Hal ini untuk mendukung WPS 27. Mamuju-Makale-Palopo-Kendari-BauBau-Wangi-Wangi.

Ketiga, pengembangan jaringan pelayaran Pelabuhan Tanjung Silopo di Polman, Sulbar, berbatasan dengan Pinrang, Sulsel, untuk mendukung tol laut Makassar-Tanjung Silopo-Belang-belang-Nunukan.

Kemudian Keempat, pengembangan jalur transportasi udara. Pembukaan jalur rute baru penerbangan Mamuju-Manado atau Gorontalo bagi penumpang dan logistik, dalam menyambungkan simpul-simpul pusat kegiatan nasional.

Kelima, pembangunan jaringan transportasi kereta api. Jaringan transportasi kereta api diharapkan dapat menjadi moda darat andalan di Pulau Sulawesi di kemudian hari.

“Selain itu juga jalan Nasional di Mamuju Tengah. Rencananya melalui pesisir Pantai di Kecanatan Topoyo tembus Budong-budong ke Mamuju, dan Jalan ke Tobadak tembus Palopo. Jadi ada jalan lingkar juga,” sebut Amaliah.

Politisi cantik asal Dapil Mamuju Tengah ini berharap, dalam Musrenbang Regional yang akan berlangsung awal pekan depan harus mendorong hal-hal utama dalam proyek strategis Nasional.

“Jika ini dapat diperjuangkan oleh Pemprov di forum regional dan dapat diperhatikan oleh pemerintah pusat, tentu akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di enam Kabupaten di Sulbar,” kunci Amaliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here