Anggota DPD RI Al Malik Pababari Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kampus Poltekkes Mamuju

0
72

SULBARTERKINI.ID, Mamuju — Anggota DPD RI dapil Sulawesi Barat, H. Al Malik Pababari menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Kampus Poltekkes Kemenkes Mamuju, Jumat (13/11/20).

Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mamuju ini dihadiri 2 narasumber, yakni Staf Ahli Anggota DPD RI Dr. Amran HB dan Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju, Andi Salim.

Sosialisasi 4 pilar ini juga tetap mengedepankan penerapan protokol keaehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan sebelum ke ruangan dan menjaga jarak tempat duduk mereka.

Dalam kesempatannya, H. Al Malik Pababari mengatakan, sosialisasi 4 pilar ini memang dirasakan masih perlu diberikan kepada seluruh elemen masyarakat, utamanya mahasiswa sebagai generasi muda penerus harapan bangsa.

Sebab, kata Al Malik, saat ini realita kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi dan kemasyarakatan dirasakan dalam kondisi yang semakin memprihatinkan, utamanya bagi generasi muda.

“Generasi muda kita harus kuat dan harus tangguh. Dan ketangguhannya tentu diukur sejauhmana mengenali bangsanya sendiri. Kalau tidak mengenal bangsanya yakin saja bahwa generasi muda itu akan terombang-ambing dan tidak terarah,” kata Al Malik.

Olehnya, menurut Al Malik, kegiatan sosialisasi 4 Pilar seperti ini, akan terus merefresh pengetahuan dan memperkuat wawasan kebangsaan generasi muda di Sulbar.

“Sehingga generasi kita paham bahwa Pancasila adalah ideologi negara. Paham bahwa Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah induk konstitusi kita, NKRI adalah bentuk negara kita, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bernegara kita,” sebut Al Malik.

Mantan Anggota DPRD Sulbar 3 peruode ini juga menyebut, bahwa ancaman melemahnya generasi muda Indonesia itu bersumber dari faktor internal dan eksternal.

“Maka ancaman-ancaman dari luar maupun di dalam negeri hanya akan bisa dilawan jika semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air yanh dimiliki generasi muda itu kuat. Olehnya, generasi muda Indonesia harus terus mengalir menumbuhkan semangat itu, utamanya dalam mempertahankan ideologi negara, yakni Pancasila,” jelas Al Malik.

Mantan Bupati Mamuju periode 2000-2005 ini mengajak generasi muda di Kampus Poltekkes mengikuti secara seksama paparan narasumber terkait 4 konsensus bernegara itu.

“Saya berharap anak-anakku sekalian serius menyimak materinya. Dua narasumber inilah yang akan mengisi dan semakin mempertajam wawasan kebangsaan anak-anakku sekalian,” harap Al Malik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here