Dukung Program Vaksinasi Covid-19, Amalia Aras Minta Pemprov Edukasi Warga

0
65

SULBARTERKINI.ID, Mamuju — Program vaksinasi memang dinilai belum optimal dan cenderung kurang berhasil di Provinsi Sulawesi Barat. Betapa tidak, hingga kini program vaksinasi Covid-19 ini masih melahirkan keraguan dan keengganan dari masyarakat.

Oleh sebab itu, diperlukan upaya maksimal dari pemerintah untuk melakukan sosialisasi, diseminasi dan edukasi kepada masyarakat.

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Hj. Amalia Fitri Aras kepada wartawan, Senin (5/4/21), mengatakan bahwa perlu edukasi yang intens kepada masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya Satuan Tugas (Satgas) percepatan dan penanganan Covid-19.

“Pemerintah harus menyampaikan informasi tentang vaksin itu secara terbuka dan transparan. Mulai dari sisi cara produksi, tingkat efektivitas, kedaluwarsa dan lain sebagainya,” tutur Amalia.

Politisi muda asal Partai Demokrat ini iuga mengatakan, bahwa salah satu faktor yang menyebabkan adanya penolakan sejumlah masyarakat terhadap vaksin adalah karena misinformasi.

Inisiatif edukasi ini, kata Amalia, diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi pemerintah dengan menghilangkan keraguan serta mengubah pikiran dan sikap masyarakat.

Secara umum, lanjut dia, memang terdapat pro dan kontra terhadap vaksin di Indonesia, termasuk Sulbar. Masih ada masyarakat Indonesia yang ragu bahkan menolak untuk mendapatkan vaksin karena berbagai alasan, dimana salah satunya adalah tidak lengkapnya informasi yang didapatkan.

“Masyarakat perlu tahu bahwa vaksin ini halal, Majelis Ulama Indonesia menghalalkan. BPOM juga sudah menjamin, begitupun Ikatan Dokter Indonesia. Jadi informasi seperti ini harus sampai. Sebab kalau tidak, yakin saja akan sulit diterima masyarakat,” jelas Legislator asal Daerah Pemilihan Mamuju Tengah itu.

Amalia mengaku mendukung program vaksinasi. Dirinyapun akan ikut membantu mengedukasi masyarakat agar menerima program vaksinasi.

“Olehnya, penting juga untuk membangun sinerji. Pada dasarnya kita sangat mendukung program pemerintah ini. Tentu untuk segera mengakhiri pandemi Covid-19,” tutup Anggota DPRD peraih suara terbanyak hasil Pileg 2019 itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here