Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Ini Pesan Arwan Aras

0
258

SULBARTERKINI.ID, Mamuju — Anggota DPR RI dapil Sulawesi Barat, H. Arwan M Aras Tammauni kembali menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR RI. Kali ini digelar di Cafe NAL, Rumah Adat Mamuju, Senin (22/3/21).

Arwan Aras hadir secara virtual dari gedung DPR RI, Jakarta.

Kegiatan ini diikuti sekira 100 orang peserta dari kalangan pemuda, mahasiswa dan tokoh masyarakat. Narasumber yanh dihadirkan adalah Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Sulawesi Barat yang juga Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Sulbar, Nur Salim Ismail.

Arwan Aras menyampaikan apresiasi atas kehadiran para aktivis, pemuda dan mahasiswa dalam kegiatan ini.

Politisi muda PDI Perjuangan itu mengaku, materi terkait 4 Pilar Kebangsaan sangatlah penting dipahami oleh generasi muda saat ini.

Sebab, lanjut dia, di tengah arus informasi dan teknologi yang kian berkembang dikhawatirkan dapat menggerus nilai-nilai kebangsaan pada diri generasi muda.

“4 Pilar berbangsa, yakni Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sangatlah penting kita pahami. Jika kita coba untuk menganalogikan sebuah bangunan maka Pilar adalah tiang penyangga bangunan itu. Pilar memiliki peran yang sangat sentral dan menentukan kokoh berdirinya bangunan, karena bila pilar ini tidak kokoh atau rapuh akan berakibat robohnya bangunan yang disangganya,” kata Arwan Aras.

“Begitupun dengan dengan bangunan kita berbangsa dan bernegara. Saat ini kita sangat membutuhkan pilar atau tiang penyangga yang kokoh agar seluruh masyarakat yang berdiam di bangsa ini terjamin rasa nyamannya, rasa aman, tenteram serta sejahtera,” tambahnya.

Arwan juga kembali mengurai secara singkat 4 Pilar Kebangsaan yang dimaksud. Hal ini penting, agar generasi muda di Sulbar terdorong untuk merawat nilai-nilai dari 4 Pilar tersebut.

“Pancasila adalah perekat bangsa. Generasi muda harus komitmen menjaga nilai-nilai Pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, maka generasi muda akan tumbuh menjadi pemimpin kiat di masa depan,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung lancar meskipun Kota Mamuju diguyur hujan deras.

Dari pantauan wartawan, antusiasme para peserta sangat tinggi dengan suguhan materi yang cukup segar yang disajikan oleh narasumber, Nur Salim Ismail.

Acara ini juga diselingi hiburan yang disuguhkan oleh penyanyi kawakan Sulbar Khya Syafruddin berkolaborasi dengan Akhyar Alwi (Yaya’) sebagai keybordis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here