Hadiri Sidang Paripurna HUT Sulbar ke-17 Tahun, Ini Kata Gubernur Sulbar

0
32

SULBARTERKINI.ID, Mamuju — Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM) bersama Wagub Sulbar, Hj. Enny Anggraeni Anwar menghadiri rapat paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar ke-17, di Kantor DPRD Sulbar, Rabu (22/9/2021).

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi. Hadir dalam rapat paripurna tersebut, anggota DPR RI yang juga merupakan Ketua TPP PKK Sulbar, Ny. Andi Ruskati Ali Baal, Staf Ahli Kemendagri, Suhajar Diantoro, sejumlah tokoh pejuang Sulbar, para Wakil Ketua DPRD Sulbar dan anggota DPRD Sulbar, unsur Forkopimda, Sekprov Muhammad Idris, para Bupati dan Wakil Bupati se Sulbar, para penerima penghargaan dan peserta rapat paripurna lainnya yang hadir secara virtual.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan HUT ke-17 Sulbar yang diperingati dengan baik meskipun dengan keterbatasan dan masih berada di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan pasca gempa bumi pada Januari lalu.

Ali Baal mengaku, di usia 17 Tahun Sulbar ini diperlukan sinerji dan kebersamaan secara optimal untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada utamanya infrastruktur.

“Berbagai permasalahan di Sulbar perlu kita sama-sama perbaiki mulai kemiskinan, pendidikan hingga pembangunan infrastruktur jalan dan perkantoran,” kata Ali Baal Masdar.

Mantan Bupati Polman tersebut menambahkan perlu kerja keras membangun Sulbar setelah dihantam gempa bumi dan pandemi Covid-19. Sehingga, tanpa dukungan dan kerjasama semua pihak Pemprov Sulbar akan sulit bekerja.

“Berbagai sektor kita sudah dibangun dan diperbaiki mulai perbaikan jalan, listrik masuk desa, hingga bantuan kepada masyarakat,” ungkap Ali Baal Masdar.

Selain itu, sebut Ali Baal, begitupun pada sektor Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih dibawah rata-rata nasional. Perlu dorongan dan keseriusan semua pihak untuk peningkatan SDM Sulbar.

Meski demikian, Ali Baal juga menyebutkan, dari sisi pertumbuhan indeks SDM secara bertahap, Sulbat terus membaik dibandingkan secara nasional.

“Ini dibuktikan berbagai penghargaan diperoleh pada sektor pendidikan seperti mejadi peringkat 7 dari sepuluh provinsi peserta diterima terbanyak di UTBK-SBMPTN 2021,” bebernya.

Capaian tersebut, lanjut dia, menandakan Sulbar mampu bersaing dengan provinsi besar di seluruh Indonesia. Bahkan, berbagai penghargaan dan perolehan prestasi didapatkan pada sektor pendidikan.

“Saya harap ini terus dijaga dan dikembangkan agar SDM Sulbar bisa terus bersaing secara naional hingga internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi, menyampaikan bahwa HUT Sulbar yang diperingati ini hendaknya menjadi ajang refleksi atas sejumlah hal yang ada di Sulbar.

“Ini bukan hanya agenda rutin tahunan, tetapi sekaligus menjadi wahana refleksi terhadap nilai-nilai luhur para pendahulu,” ungkap Suraidah.

Peringatan HUT ke-17 Sulbar 22 September 2021 juga menjadi pengingat bagaimana para pejuang mempertahankan Sulawesi Barat. Dia bahkan mengingatkan Pemprov agar memperhatikan segala persoalan terjadi di Sulbar.

“Seperti penanganan Covid-19, gempa bumi hingga longsor beberapa pekan terakhir, sehingga kita mendorong agar menata kembali demi kepentingan percepatan pembangunan Sulbar,” ujarnya.

Termasuk, sinergitas Provinsi dan Kabupaten terus terjaga sehingga tidak adanya timpang tindih atas ego sektoral masing-masing.

Selain itu, sejumlah permasalahan lainnya permasalahan di RSUD Regional Sulbar belum juga selesai sampai saat ini.

“Sehingga masyarakat yang ingin berobat tidak terganggu adanya permasalahan terjadi,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here