ICON+ Bersama Pemprov Sulbar Resmi Luncurkan Internet Desa MARASA

0
23

SULBARTERKINI.ID, Mamuju – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat secara resmi meluncurkan program “Internet Desa MARASA” di Auditorium Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Senin (20/1/2020).

Peresmian tersebut dilakukan melalui seremoni yang dilakukan bersama Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Barat Hj Enny Angraeny Anwar, Kepala Dinas Komunikasi, lnformatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat Safaruddin Sunusi DM, dan Plt. Direktur Utama ICON+ Iwan Purwana.

Program “Internet Desa Marasa” merupakan penyediaan sarana internet gratis di desa-desa yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

Program ini sendiri merupakan salah satu kegiatan pada Program Desa Marasa (Mandiri, Cerdas, dan Sehat). Program “Internet Desa Marasa” terlaksana atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan PT Indonesia Comnets Plus (ICON+), entitas anak usaha PT PLN (Persero) yang bergerak pada layanan digital dan internet.

Sebagai tahap awal, dari 70 desa yang telah ditetapkan sebagai Desa MARASA, program “Internet Desa MARASA” telah dilaksanakan di 32 desa, terdiri dari Polewali Mandar (8 desa), Mamuju (5 desa), Majene (5 desa), Mamuju Tengah (5 desa), dan Pasangkayu (4 desa).

Kepala Dinas Komunikasi, lnformatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sunusi DM mengatakan, jum|ah desa-desa ini akan bertambah secara bertahap.

“Dengan harapan bahwa Sulawesi Barat akan menjadi provinsi kedua setelah Jawa Barat dalam memenuhi kebutuhan desa dalam internet desa,” ujar Safaruddin.

Dalam kesempatan peluncuran tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Hj Enny Angreny Anwar juga berkesempatan untuk melakukan telewicara melalui sambungan video yang juga difasilitasi oleh ICON+, kepada pimpinan dan masyarakat di dua desa sebagai perwakilan 32 desa. Yakni Desa Katimbang, Kecamatan Matangnga, Polewali Mandar, dan Desa Saloadak, Kecamatan Tobadak, Mamuju Tengah.

Dalam telewicara melalui sambungan video tersebut Wakil Gubernur menyampaikan sejumlah harapannya terkait pemanfaatan internet desa.

Enny Angreny Anwar berharap pemerintah dan masyarakat desa dapat benar-benar memanfaatkan internet desa ini secara optimal, baik untuk kegiatan ekonomi, pelaku UMKM, maupun untuk semakin mempromosikan potensi desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here