Ikuti Musrenbang, Abdul Rahim Harap Program Pembangunan 2021 Harus yang Prioritas

0
31

SULBARTERKINI.ID, Mamuju – Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Rahim, mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (16/4/2020) melalui Video Converence (VC).

Dalam kesempatannya, Rahim berharap, Musrenbang tersebut dapat melahirkan dan menentukan program yang berskala prioritas, serta menjawab semua kepentingan dan kebutuhan dasar masyarakat Sulbar.

Politisi muda asal Partai Nasdem tersebut juga menanggapi mengenai tema yang diusung dalam Musrenbang, yakni “Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas untuk Pembangunan yang Berkelanjutan”.

Menurutnya, tema Musrenbang tersebut akan lebih bagus jika ditindaklanjuti dengan komitmen yang kuat dari seluruh OPD yang ada. Tujuannya diarahkan untuk mencapai visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar.

“Kita berharap tema ini mampu menjawab semaksimal mungkin tentang visi misi besar yang telah ditetapkan bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar,” ucap Abdul Rahim.

Rahim menegaskan, sejumlah persoalan di Sulbar yang masih dihadapi hingga saat ini, perlu pendekatan dalam menentukan skala prioritas pembangunan Sulbar 2021.

Diantaranya, lanjut Rahim, mulai dari isu kemiskinan, pengangguran, lapangan kerja yang sangat terbatas, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

“Persoalan-persoalan tersebut harus menjadi arah kebijakan pada 2021, terutama infrastruktur, pendidikan dan yang terpenting adalah kesehatan, sebab Sulbar masih berada pada urutan kedua tertinggi stunting skala nasional dari 34 provinsi di Indonesia,” jelas Abdul Rahim.

Mengenai Pokok-pokok pikiran DPRD Sulbar, Abdul Rahim menuturkan, hal tersebut merupakan manifestasi dari kehendak dan aspirasi dari masyarakat, yang ditampung oleh seluruh anggota DPRD Sulbar, baik melalui reses, kunjungan kerja maupun pertemuan informal.

“Pokok-pokok pikiran yang kita serahkan itu, diharapkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan penting di dalam proses perumusan program prioritas kita pada 2021. Apabila hal ini dapat diakomodir, maka akan menjadi daya dukung dalam upaya pencapaian strong point pembangunan yang diletakkan bapak gubernur, terutama menjadikan provinsi ini maju dan malaqbi,” kunci Abdul Rahim.

Sekadar diketahui, Musrenbang ini dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM) didampingi Sekretaris Daerah Sulbar Muh. Idris dan sejumlah asisten Pemprov Sulbar, dan dipantau langsung oleh Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Pembentukan Jaringan, Apep Fajar Kurniawan.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti melalui video Conference oleh Pimpinan dan sejumlah Anggota DPRD Sulbar, tenaga ahli DPD RI perwakilan Sulbar, unsur Forkopimda Sulbar, seluruh pimpinan OPD Sulbar, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), wartawan, dan pihak terkait lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here