Pemprov Sulbar Maksimalkan Program Tekan Laju Stunting

0
56

Sulbarterkini.id, Mamuju—Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar penilaian kinerja aksi konvergensi percepatan penurunan stunting, di Hotel Grand Mutiara Mamuju, Kamis (28/5/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sulbar, Junda Maulana, Anggota DPRD Sulbar yang juga ketua Komisi IV, Sudirman, dan sejumlah peserta dari enam kabupaten.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sulbar, Junda Maulana mengatakan, pemerintah provinsi Sulawesi Barat, bakal memaksimalkan program untuk menekan laju stunting di Sulbar.

“bahkan sesuai RPJMD dan target nasional, kita menargetkan bakal menekan angka stunting turun menjadi 50 persen dari kondisi saat ini. Program tersebut hanya bisa berhasil jika seluruh stakholeder berkoordinasi dengan baik, melihat tiga tahun terakhir angka stunting kita hanya menurun satu persen tiap tahunnya,”terang Junda saat dikonfirmasi Sulbaronline.com

Ia menambahkan, meskipun daerah diperhadapkan dalam kondisi fiskal daerah yang masih lemah, maka program penurunan stunting di sulbar hanya bisa dilakukan dengan memantapkan koordinasi dan integrasi program.

“program-program penanganan stunting sebenarnya sudah melekat di tiap-tiap opd, hanya saja program itu bisa jadi belum terkoordinir menjadi suatu desain startegis.Kedepan ini kita perlu memang memacu bersama penurunan angka stunting ini,”tambahnya.

Sementara Itu, Anggota DPRD Sulbar yang juga ketua Komisi IV, Sudirman mengatakan, sulitnya penanganan stunting di Sulbar memang di sebabkan oleh program yang belum terarah dengan baik. Olehnya itu ia meminta pihak Bappeda agar memberikan gambaran terkait progress dari program penanganan stunting hingga saat ini.

“Kita siap mendukung, legislative siap mendukung untuk program ini. Kami perlu program yang jelas juga, kami ingin lihat keseriusan teman-teman, mungkin dari Bappeda nanti bisa menyampaikan ke kami hasil dari penilaian kinerja ini,”pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan penilaian kinerja aksi konvergensi percepatan penurunan stunting ini, di ikuti langsung lima kabupaten se Sulbar, dimana presentase masing-masing kabupaten di nilai langsung oleh tim panelis.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here