Periode September 2020, Harga Buah Sawit di Sulbar Alami Kenaikan

0
147

SULBARTERKINI.ID, Mamuju – Harga buah kelapa sawit di Provinsi Sulawesi Barat untuk priode September 2020 sebesar 1447.66 rupiah. Harga tersebut mengalami kenaikan bila dibandingkan bulan agustus 2020 sebesar 1301 rupiah.

“Harga hari ini, mengalami kenaikan dari 1.301  menjadi 1447.66 rupiah,”sebut Sekretaris Penetapan Harga Buah Sawit Sulawesi barat, Kimoto Bado, Selasa (15/09/20).

Dia menyampaikan bahwa terjadi kenaikan harga buah kelapa sawit di Sulawesi Baratdipengaruhi harga minyak dunia mengalami kenaikan. Harga yang di tetapkan ini, menjadi pedoman semua perusahaan  kelapa sawit dalam melakukan pembelian kelapa sawit petani.

“Jadi, kenaikan ini memang dipengaruhi harga CPO dunia yangnaik dan harga ini yang naik. Indeks K jug kita tetapkan diangka 80 sehingga harga yang ditetapkan melebihi harga yang lalu,”jelasnya.

Sementara, Sekretaris Asosiasi Petani Kelapa Sawit ( Apakasindo)  Sulawesi Barat, Andi Tahmit menyampaikan harga buah kelapa sawit di Sulawesi Barat dapat lebih tinggi. Pihaknya mencontohkan di beberada daerah seperti kalimantan harga buah kelapa sawit diatas harga 1500 rupiah.

“Namun, harga ini sudah menjadikan patokan yang telah ditetapkan dan sebagai asosiasi petani telah menerima sesuai dengan kesepakatan bersama sehingga perusahaan juga harus mengikuti harga yang telah ditetapkan tersebut,”kata Andi Tahmit.(Ra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here