Polda Sulbar Naik Tipe A

0
48

SULBARTERKINI.ID, Mamuju – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo rupanya telah menyetujui kenaikan status 7 Polda dari tipe B ke tipe A, termasuk Polda Sulawesi Barat.

Persetujuan peningkatan tipe oleh Menpan-RB tersebut sesuai dengan surat No:B/7821/XII/OTL.1.1.3/2019 tertanggal 31 Desember 2019 yang diterima dari Kapolri Jenderal Idham Azis terkait dengan permohonan peningkatan status dari tipe B ke tipe A.

Ketujuh Polda di antaranya, Polda Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Dengan kenaikan status ini, maka Polda Sulbar dan 6 Polda lainnya akan dipimpin oleh Jenderal Bintang Dua atau Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis saat melakukan kunjungan kerja ke Polda Sulbar pada pertengahan Januari 2020 lalu sempat menjanjikan bahwa tahun ini tipe Polda Sulbar bakal naik setelah dilakukan evaluasi.

Kapolda Sulawesi Barat, Brigjen Pol Eko Budi Sampurno mengatakan naiknya tipe Polda Sulbar memang sudah sangat bersyarat. Pasalnya, kata dia, Sulawesi Barat merupakan provinsi yang diapit oleh Sulsel sebagai roda penggerak perekonomian dan Sulteng dengan ancaman potenai terorisnya.

Selain itu, lanjut Eko, selat Sulbar merupakan jalur Alki II yang merupakan jalur yang dpat dilalui oleh kapal maupun peswat internasional dengan berbagai kerawanannya.

“Provinsi Sulbar ini juga merupakan Provinsi yang berbatasan langsung dilengan calon Ibukota baru, sehingga berfungsi sebagai penyangga terutama di bidang Kamtibmas. Dengan demikian sudah layak Polda Sulbar ditingkatkan tipologinya,” pungkas Eko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here