Positif Covid di Sulbar Meningkat Drastis, Warga Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

0
1218

SULBARTERKINI.ID, MAMUJU—Sehari menjelang lebaran Idul Adha, Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid 19 Sulbar, kembali merilis perkembangan terbaru kasus virus corona, Kamis (30/7).

Pasien positif corona di Sulbar meningkat signifikan per hari ini sebanyak 22 kasus positif, sehingga total kasus positif di Sulbar sampai saat ini menyentuh angka 223 kasus.

Jubir Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sunusi DM menjelaskan, tambahan 22 kasus positif hari ini berasal dari Kabupaten Polman sebanyak 13 kasus, Mamuju 5 kasus, serta 4 kasus dari Kabupaten Majene.

“Sebelumnya kami menyampaikan bahwa Hasil Laboratorium yang akan kami release hari ini adalah hasil pemeriksaan dari BBLK Makassar, TCM Mamuju, dan BPOM Mamuju tanggal 29 Juli 2020, yakni ada 22orang penambahan kasus positif, serta kasus sembuh sebanyak 7orang, 6 orang dari Mamuju dan 1 orang dari Polman,”terang Safaruddin Sunusi DM, melalui rilis resminya, Kamis (30/7).

Meledaknya kasus positif per hari ini, kemudian menjadi atensi serius Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulbar.

Olehnya itu Safaruddin berharap, lebaran Idul Adha yang akan dilaksanakan besok, Jum’at (31/7), masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker,

menjaga jarak, demi menghindari klaster baru penyebaran virus corona.

“perkembagan hari ini sangat signifikan, oleh karena itu pemerintah selalu mengingatkan untuk selalu waspada dan menjalankan protokol kesehatan. Di hari lebaran sebisa mungkin menghindari salaman dan membawa sajadah sendiri saat shalat Id. Diharapkan juga kepada semua masyarakat yang datang dari zona merah, untuk melapor di tim gugus atau isolasi mandiri selama 14 hari, untuk menghindari  penyebaran covid-19,”pinta Safaruddin yang juga menjabat sebagai Kadis Kominfosandi Sulbar ini.

Berikut total data positif covid 19 di Sulbar s/d Tanggal 30 Juli 2020.

Positif covid terkonfirmasi sebanyak 223 orang dengan rincian :

  • 21 orang dari Kabupaten Majene, 7 orang dinyatakan sembuh, 3 orang dirawat di RS Pratama Wonomulyo, 2 orang dirawat di RSUD Majene, 2 orang dirawat di RSUD Regional Mamuju, 5 orang dikarantina di LPMP Majene, 2 orang isolasi mandiri.
  • 69 orang dari Kabupaten Mamuju, 37 orang telah dinyatakan sembuh, 13 orang di ruang karantina RSUD Regional Mamuju, 12 orang di ruang Isolasi RS Regional Mamuju, 6 orang isolasi mandiri, 1 orang meninggal dunia.
  • 8 orang dari Kabupaten Pasangkayu, 7 orang  telah dinyatakan sembuh, 1 orang dirawat di RSUD Pasangkayu.
  • 39 orang dari Kabupaten Mamuju Tengah, 37 orang sembuh, 1 orang dirawat di RSUD Mateng, dan 1 orang meninggal dunia.
  • 78 orang dari Kabupaten Polman, 25 orang dirawat di RSUD Kabupaten Polman, 9 orang dirawat di RS Pratama Wonomulyo, 38 orang dinyatakan sembuh, 1 orang dirawat di RSUD Majene, 1 orang dirawat di RSUD Dadi Makassar, 2 orang isolasi mandiri dan 2 orang meninggal
  • 8 orang dari Kabupaten Mamasa, 6 orang dinyatakan sembuh, dan 2 orang dirawat di Rumah Karantina PKM Mamasa.(red/msd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here