Pulihkan Ekonomi, Pemrov Sulbar Bantu 671 Juta Pemkab Mateng

0
168

SULBARTERKINI.ID, Mateng – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar di dampingi Bupati Mateng Aras Tammauni menyerahkan bantuan UMKM dan IKM dari Pemerintah provinsi Sulbar untuk Pemkab Mateng.

Melalui dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, Pemprov Sulbar menyerahakan bantuan modal senilai Rp 671 Juta, kepada masyarakat pelaku UMKM dan IKM Tobadak terdampak Covid 19, di kantor Bupati Mateng.

UMKM mendapatkan variant modal sebanyak 92 orang, IKM mendapat bantuan modal sebanyak 179 jumlah keseluruhan bantuan modal sebesar Rp. 671 juta.

“Teknis penyerahan ditransfer langsung ke rekening para pelaku UMKM dan IKM sesuai daftar penerima bantuan modal terdampak Covid-19.”ungkap Ali Baal, saat menyampaikan sambutan, Selasa, (28/7/20).

“Pemprov Sulbar memberikan bantuan modal bagi UMKM dan IKM yang terdampak resiko pandemi di Mamuju Tengah sebanyak 271 UMKM dan IKM,”sebutnya.

Ali Baal menjelaskan, berdasarkan hasil pemetaan dampak Covid -19 bagi UMKM dan IKM di Sulbar terdapat permasalahan pokok, yakni menurunnya jumlah pembeli dan omzet produksi, sehingga pemasaran menjadi terganggu.

Ia menjelaskan, pelaku UMKM dan IKM di Sulbar kesulitan mendapatkan bahan baku produksi karena tingkat kemahalan ataupun kelangkaan bahan baku, kesulitan mengatur modal usaha, kesulitan membayar kredit usaha dan faktor lain. Semuanya berdampak ekonomi pada menurunnya keberadaan UMKM dan IKM.

“Kita berharap bantuan modal ini yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dangan baik, betul-betul digunakan untuk menghidupkan kembali usahanya sehingga perekonomian kita dapat dipulihkan,” pungkasnya.

Bupati Mateng, Aras Tammauni, mengemukakan, bahwa Mateng salah satu daerah terdampak Covid-19, sehingga berdampak buruk baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

Aras menuturkan, di masa pandemi ini disadari sebagian masyarakat merasakan dampak ekonomi akibat kurangnya aktivitas yang dilakukan dalam keseharian, sebab mereka taat pada himbauan pemerintah.

“Salah satu sektor yang terdampak Covid-19 adalah UMKM dan IKM di Mamuju Tengah, sehingga perlu mendapat perhatian dari kita semua kepada sektor itu, guna melangsungkan usaha mereka kembali dalam rangka mengurangi kemiskinan dan menyerap tenaga kerja untuk menghidupkan perekonomian daerah,”tutur Aras.

Aras berharap, kiranya seluruh stakeholder harus terus bersatu untuk mengatasi masalah dialami masyarakat di saat pendemi Covid-19 melanda.

“Pemerintah tidak akan dapat berjalan sendiri tanpa bantuan dari semua stakeholder yang ada,”ucap Ketua DPD I Partai Golkar Sulbar itu.

Ia menambahkan, Pemkab Mateng telah berperan aktif menangani Covid-19 secara bersama-sama yang tergabung dari berbagai unsur, seperti pemerintahan, kepolisian, TNI, swasta serta Masyarakat.

Kegiatan dihadiri Kajati Sulbar, Darmawel Aswar, Wakapolda Sulbar, Brigjen Pol. Endi Sutendi, Wakil Bupati Mamuju Tengah, Muh. Amin Jasa, Wakil Ketua I DPRD Mateng, Herman MT, para pimpinan OPD Lingkup Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju Tengah serta undangan lainnya.(rls/adr).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here