Reses Kreatif dari Wakil Ketua DPRD Sulbar di Tengah Pandemi Covid-19

0
40

SULBARTERKINI.ID, Polman – Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat Usman Suhuriah, melaksanakan reses di daerah pemilihan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat untuk masa sidang kedua tahun 2020.

Reses yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini dilaksanakan selama lima hari dimulai pada tanggal 8 sampai dengan tanggal 12 Mei 2020.

Reses kali ini berbeda dari reses sebelumnya, namun substansinya tetap sama yakni menyerap aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan dalam proses pengambilan keputusan di daerah.

Karena itu metodenya adalah menyebarkan kuesioner yang dibagikan kepada warga. Kusioner yang dibagi jumlahnya 450 lembar berisi pertanyaan–pertanyaan yang jawabannya dari pertanyaan itu menggambarkan aspirasi warga.

“Isian dari kosioner ini akan diramu nantinya. Pendekatan ini dipilih mengingat situasi untuk mengumpulkan warga saat ini sedang dilarang. Kita semua sedang ikut perintah untuk jaga jarak ikut perintah protokol kesehatan,” kata Usman.

Menurutnya, saat ini banyak sekali warga yang sedang mengalami dampak dari pandemi Covid-19. Karena itu, melalui reses tersebut juga dilakukan pembagian sembako dan sejumlah uang tunai untuk menambahkan kebutuhan lauk pauk warga.

“Jumlah sembako yang kami serahkan kami tahu tidak akan cukup, tetapi semangatnya adalah bagaimana hal ini dilakukan untuk ikut meringankan beban ekonomi warga apalagi saat ini kita sedang mengikuti ibadah ramdhan. Tentu warga sedang butuh dan memerlukan dukungan oleh kita semua,” ucap Politisi muda Partai Golkar itu.

Usman menyebut, reses yang dilaksanakan menyasar 450 orang warga terbagi di beberapa Kecamatan. Meliputi kecamatan Luyo, Tinambung, dan Campalagian.

“Dan sembako yang kami bagikan sebanyak 450 paket, dan kami tambahkan 200 paket lagi yang dibagikan ke beberapa desa dengan cara mendatangi rumah warga yang betul-betul memerlukan bantuan. Selain didistribusi ke titik tertentu terdapat juga warga yang datang sendiri untuk menerima paket sembako dan uang tunai serta sejumlah masker sebagai alat pelindung diri,” jelas Usman.

Dalam pekaksanaan reses yang teebilang kreatif ini, selain membagi sembako dan menyebarkan kuesioner, Usman juga meberikan materi sosialisasi menghadapi pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan kepada warga sebagai wujud edukasi terhadap publik dalam menangani Covid-19.

Materi sosialisasi yanh disampaikan Legislator asal Dapil Polman itu, yakni dengan mengajak warga untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan. Lalu, diajak melakukan pola hidup sehat, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak jika terpaksa harus berinteraksi dengan warga lain di luar dari keluarga inti, dan menggunakan masker bila harus keluar rumah.

“Kita berharap pelaksanaan reses yang berbeda sebelumnya, semoga tujuannya tercapai. Dan tentu kita sama-sama berdo’a agar pandemi ini segera berakhir agar kita bisa kembali lagi seperti semula,” harap mantan Ketua KPU Sulawesi Barat itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here