Sekprov Sulbar Buka TOT Pengelolaan BUMDES di Majene

0
26

SULBARTERKINI.ID, MAJENE—Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris DP, membuka secara langsung kegiatan Training Of Trainer (TOT) pengelola BUMDES tingkat Provinsi Sulawesi Barat, di Hotel Villa Bogor Majene, Rabu (7/4/2021).

Dalam sambutannya, Muhammad Idris mengatakan, Undang-undang pemerintahan desa memberikan kekuasaan khususnya membuat desa tersebut lebih terbuka pada beberapa hal yaitu dari dimensi politik, sosial, dan ekonomi.

“sehingga tidak ada satupun desa di indonesia yang tidak memanfaatkan peluang pengembangan kapasitas desa.

Semua peluang-peluang pengembangan, pembangunan, serta pemberdayaan desa bisa segera disejalankan dan disediakan,”terang Idris.

Ia juga mengapresiasi bagi pendamping desa, dimana selama ini banyak memberikan informasi yang positif walaupun masih mendapat kendala-kendala di lapangan.

Pendamping desa dimata Sekprov, telah menjalankan fungsinya secara maksimal untuk mendampingi desa dari parameter pengetahuan.

“Para pendamping desa harus membangun kesamaan pemahaman dalam mengikuti TOT ini. Oleh karena itu saya meminta kesungguhan dan manfaatkan hari ini untuk bersiap menjadi pengelola Bumdes/Bumdesma,” ujar Idris.

Bumdes kata Sekprov, merupakan badan usaha milik desa bersama yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah, yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di tingkat desa.

“Bumdes ini mendorong kreatifitas dan bumdes memang perlu dikelola oleh orang-orang yang sedikit agak gila. Bumdes bisa berkembang karena dibelakangnya ada orang-orang yang kreatifitas. Mengenai usaha-usaha yang ada di desa haruslah selalu berbasis pada potensi desa,”kuncinya.(*/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here