Survei JSI: Elektabilitas Habsi-Irwan Unggul Telak di Pilkada Mamuju

0
679

SULBARTERKINI.ID, Mamuju – Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis survei Pilkada Mamuju. Hasilnya, Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Mamuju, Habsi Wahid dan Irwan Satya Putra Pababari unggul telak atas pesaingnya Siti Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud.

Wakil Direktur Eksekutif JSI, Popon Lingga Geni mengatakan, survei tersebut dilakukan 21 hingga 26 Oktober 2020. Metode yang digunakan tehnik multitasge random sebanyak 440 responden.

“Metode pilkada ini sudah kami lakukan sejak Pilkada Mamuju 2010, pilkada Gubernur tahun 2011, dan pilkada Mamuju 2015,” sebutnya dalam rilis Survei yang digelar di D’Maleo Hotel Mamuju, Rabu (11/11/20).

Berdasarkan hasil survei ini, pasangan petahana itu unggul jauh dengan selisih 31,8 persen. Elektabilitas Habsi-Irwan, berada pada angka 65,9 persen. Sementara elektabilitas Tina-Ado, sebesar 34,1 persen.

Tingkat dukungan terhadap Habsi-Irwan juga unggul 54,4 persen sementara Tina-Ado hanya 28,2 persen dan sebanyak 13,0 persen tidak tahu atau belum memutuskan pilihan dan sebanyak 4,3 persen memilih tidak menjawab.

JSI mencatat, peta kekuatan strong supporters 2 pasang calon tersebut, Habsi-Irwan unggul 43,4 persen, Tina-Ado 21,4 persen.

“Yang masih belum menjawab 17,9 persen, dan diangka 11,1 persen ada di dalam pemilihnya Habsi-Irwan,” ungkapnya.

Di sisi lain, JSI juga merilis tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintahan Cabup-Cawabup petahana Habsi-Irwan.

Sejak menjabat selama 4 tahun 9 Bulan, masyarakat Mamuju menyatakan puas terhadap kinerja petahana di mana Habsi Wahid sebesar 65,9 persen, dan Irwan Satya Putra Pababari sebesar 68,4 persen.

“Dari hasil ini, masyarakat mengiginkan kembali kepemimpinan Habsi-Irwan sebesar 56,1 persen,” ungkapnya.

Selain kinerja pemerintahan sebelum pandemi, JSI juga merilis kinerja pemeritah kabupaten Mamuju di masa Covid-19, hasilnya masyarakat menyatakan kinerja Habsi-Irwan dengan tingkat keberhasil berada di angka 75,9 persen. Sementara tingkat kepuasan berada di angka 74,5 persen.(adr).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here