Tangani Covid-19, Arwan Aras Minta Pemprov Sulbar Adakan Alat PCR

0
57

SULBARTERKINI.ID, Mamuju – Penanganan Coronavirus atau Covid-19 di Sulawesi Barat harus dilakukan seoptimal mungkin. Terutama, terkait kesiapan alat kesehatan dan alat tes untuk mengetahui warga positif atau negatif Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh anggota DPR RI Komisi VIII dapil Sulawesi Barat H. Arwan M Aras Tammauni kepada wartawan, Rabu (22/4/2020).

Menurut Arwan, sejauh ini Pemprov Sulbar dianggap belum proaktif bergerak terutama dalam menyiapkan alat tes untuk mengetahui kondisi warga yang positif atau negatif secara cepat dan akurat. Selama ini, setiap menguji pasien Sulbar harus dilakukan di Makassar.

Olehnya Arwan Aras yang memang menangani persoalan Bencana pada Komisi VIII DPR RI ini, meminta Pemprov Sulbar untuk melakukan pengadaan Alat Tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Saya meminta Pemprov Sulbar mengadakan alat pemeriksaan yang lebih akurat dengan PCR untuk melakukan pemeriksaan Coronavirus atau Covid-19 ini. Alat ini akurat dan cepat diketahui hasilnya,” sebut Arwan Aras.

Kata dia, saat ini alat tersebut telah dimiliki oleh Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan dan Palu, Sulawesi Tengah. Sehingga, Sulbar sebagai Provinsi harus menyiapkan alat PCR tersebut.

“Kabupaten Soppeng dan Palu saja sudah ada alat PCRnya. Dan dengan alat ini, hanya 2 jam sudah bisa diketahui hasilnya. Masa kita harus kalah dengan Soppeng dan Palu. Apalagi alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 ini cukup besar, puluhan miliar rupiah. Harus ada alokasi untuk alat pemeriksaan PCR ini,” ungkap Arwan.

Seperti diketahui, di tengah keganasan wabah Covid-19 ini, Arwan Aras memang telah melakukan sejumlah upaya dan aksi sosial baik selaku anggota DPR RI maupun selaku Ketua Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Sulawesi Barat.

Misalnya, mulai dari penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan hand sanitizer, pembagian ribuan paket sembako, pendistribusian bantuan alat pelindung diri (APD) ke Kabupaten-kabupaten serta bantuan sosial pribadi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here