Tingkatkan Kualitas Penegak Hukum, TNI Kodim 1418 Mamuju Gelar Kegiatan Penyuluhan

0
25

SULBARTERKINI.ID, Mamuju — Guna meningkat kualitas penegak hukum, Kodim 1418 Mamuju melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum bagi prajurit militer dan ASN Kodim.

Bertempat di Makodim Mamuju, tim ini ketuai oleh Kasi Undang Kumdam XIV/Hsn Mayor Chk Helmi Zunan Wijaya S.H.,

Dengan mengambil tema ”Melalui penyuluhan hukum kita tingkatkan disiplin dan taat hukum untuk mengurangi pelanggaran hukum di satuan”, kegiatan dihadiri oleh Mayor Inf Sahabuddin (Pasiren Kodim 1418/Mamuju) dan sejumlah Danramil jajaran Kodim 1418/Mamuju.

Pada kesempatan itu, sambutan Dandim 1418/Mamuju disampaikan Pasiren Mayor Inf. Sahabuddin menyambut kedatangan tim penyuluhan hukum Kumdam XIV/Hsn.

“Apabila nantinya ada yang kurang jelas agar di tanyakan berkenaan dengan masalah hukum militer,” jelasnya.

Kasi Undang Kumdam XIV/Hsn Mayor Chk Helmi Zunan Wijaya S.H menyebutkan penggunaan informasi dan transaksi elektronik.

Selain itu, ia juga menyebutkan perkara yang menonjol bagi anggota TNI yakni penghapusan kekerasan dalam rumah tangga serta aturan lain terkait kemiliteran.

Selain itu Ia juga menjelasakan tentang hukum administrasi pemberhentian dengan tidak hormat dilingkungan TNI-AD.

Ia berharap melalui kegiatan penyuluhan ini tingkat pelanggaran dan permasalahan hukum militer dapat dipahami sesuai dengan aturan yang berlaku dan anggota militer maupun PNS dapat meminimalisir angka pelanggaran satuan di Jajaran Kodam 1418/Mamuju.

“Sebagai anggota TNI kita dituntut mampu menjadi teladan bagi masyarakat. Prajurit juga harus menghindari terjadinya pelanggaran-pelanggaran di lingkup militer apalagi tindak kejahatan yang berkaitan bersinggungan dengan hukum.”tegas mayor Helmi.

Mayor Helmi juga mengingatkan seluruh peserta agar bijak menggunakan aplikasi media sosial sesuai dengan perintah Kasad.

“Sebarkanlah informasi atau kegiatan-kegiatan yang positif yang dapat mangangkat citra TNI dimata masyarakat sehingga akan timbul kecintaan yang lebih dari rakyat terhadap institusi TNI yang kita cintai dan kita banggakan ini,” terangnya.

Laporan: Iqbal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here