Tips Tetap Sehat Menjaga Imun Tubuh Melawan Virus Korona

0
94

SULBARTERKINI.ID, Kesehatan – Ada berbagai macam cara melindungi diri dari virus korona. Selain beberapa contoh, misalnya menjaga jarak, dan berdiam di rumah sampai setiap saat mencuci tangan. Ternyata menjaga imun tubuh sangat krusial dilakukan terhadap bahaya virus korona. Disamping saat ini belum ada vaksin melawan virus korona, jalan lain tetap menjaga imun atau daya tahan tubuh. Tidak sulit mengukur imun sehat atau tidak.

Beberapa hal penting mencegah virus korona yang mungkin saja secara tak sengaja menyerang tubuh. Tips berikut ini adalah cara agar imun tubuh tetap terjaga yang bisa anda praktekan di rumah, berikut:

Tidur yang cukup

Ternyata dengan tidur memiliki relasi terhadap sistem imun dalam tubuh. Kecukupan tidur merupakan cara dimana tubuh mengatur imun agar tubuh tetap fit. Sedangkan, tidur tidak cukup justru menimbulkan penurunan imun atau daya tuhan tubuh. Kurang tidur bisa rentan berdampak infeksi patogen. Hal demikian dipicu menurunnya proliferasi limfosit bagian sistem imun tubuh. Cara kerjanya dimana tubuh mengeluarkan berjenis protein sitokin yang bekerja hanya pada saat manusia tertidur.

Sitokin berfungsi menjaga imun tubuh. Memenuhi agar tubuh tidur yang cukup, Nasional Sleep Foundation menjelaskan, pada dasarnya orang dewasa penting berkecukupan paling tidak minimal 7 hingga 9 jam per harinya.

Makan makanan sehat

Akan lebih bermanfaat mengomsumsi makan makanan sehat saat di rumah. Imun sehat perlu nutrisi dari makanan yang baik terhadap sistem imun tubuh. Contoh misalnya, mineral, vitamin dan molekul antioksidan. Makanan sehat tersebut antara lain, alpukat, buah-buahan beri, wortel, tomat, hingga jeruk.

Olahraga di rumah

Pada tahun 2015, sebuah studi menemukan bahwa olahraga atau latihan cukup (tidak berlebihan) akan sangat membantu reaksi  pembaharuan sel imun. Benar saja, memelihara sistem imun dengan latihan fisik penting tapi tidak berlebihan sesuai porsi kemampuan masing-masing. Contoh dengan berjalan kaki berkeliling halaman pekarangan rumah.

Mengendalikan stres

Mungkin beberapa orang tidak mengira stres sebetulnya erat kaitannya sistem imun, misalnya mengalami stres cukup lama menyebabkan adanya ketidakseimbangan peran sel imun. Permasalahan lain juga bakal ikut, seperti memancing peradangan. Berbagai cara mengendalikan stres seperti, Meditasi, olahraga, aktivitas positif dalam rumah. Selain beberapa  hal tadi juga perlu terkoneksi bersama keluarga, teman secara virtual.

Luangkan waktu luang berjemur sinar matahari

Seperti banyak anjuran yang telah disampaikan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Disebutkan bahwa dengan berjemur membantu memberi kekuatan energi sel imun, di samping itu berjemur dapat meningkatkan mood agar lebih baik. Berjemur dapat dilakukan sebelum pagi hari jam 10, anda dapat mencobanya selama 15 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here